Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Cara Mengatasi Masalah Aplikasi Terhenti di Android

Sebelum ke topik utama, berikut artikel terkait yang kami bagikan sebelumnya.. > Artikel Teknologi, Android dan Sosial Media .


Aplikasi di perangkat seluler memang memberi kemudahkan dan memberikan hiburan. Namun ada kalanya sistem operasi mobile juga bisa mendapatkan masalah. Salah satunya adalah aplikasi yang sedang kita buka tiba tina terhenti dan keluar begitu saja. Nah untuk solusinya mimin akan membagikan cara mengatasi aplikasi terhenti wajib diketahui oleh para pengguna Android. Sehingga tidak perlu khawatir saat tiba tiba muncul peringatan aplikasi terhenti.

Beberapa Penyebab Aplikasi Terhenti di Android

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi aplikasi terhenti, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu penyebab aplikasi bermasalah. Beberapa aplikasi pada Android terkadang terhenti secara tiba-tiba saat digunakan. ketika saat sedang asik asiknya muncul pesan “Sayangnya aplikasi telah berhenti” atau “Unfortunately app has stopped” tentu akan sangat menyebalkan. Lalu apa yang menjadi penyebabnya? Berikut dua penyebab yang paling sering terjadi.

1. Memori RAM pada ponsel penuh

Yang harus di ketahui pada saat aplikasi di instal akan di simpan di momori internal dan kemudian saat aplikasi pada android di gunakan akan memakai memori RAM ( Random Access Memory ), misalnya memori ram pada ponsel kita 4 GB dan untuk menjalankan aplikasi akan terpakai kapasitasnya sebanyak 200 mb dan bayangkan jika ada banyak aplikasi di latar belakang yang berjalan.. tentunta Ram kita akan banyak yang terpakai.

Jadi besar nya kapasitas memori RAM akan mempengaruhi berjalannya aplikasi. Jika memori hampir penuh dan aplikasi terlalu banyak berjalan di belkang sistem, maka tentunya aplikasi akan susah berjalan. Hal tersebut yang menyebabkan ketika aplikasi yang sedang berjalan bermasalah, kehabisan memori aplikasi jadi tdaik mempunyai ruang untuk berjalan..

2. File Cache Aplikasi Menumpuk

Setiap aplikasi pada sistem OS Android pasti akan menyimpan file cache untuk mempercepat dalam menggunakannya di waktu lain. Namun, jika tidak dibersihkan secara rutin, file cache ini akan menumpuk dari berbagi aplikasi. Sehingga akan menyebabkan performa smartphone kita menurun. Salah satunya saat menjalankan aplikasi. Aplikasi akan lebih lama terbuka atau bahkan dapat terhenti tiba-tiba saat digunakan.

Cara atasi Aplikasi Terhenti di Android

Beberapa penyebab aplikai terhenti secara tiba-tiba tersebut tentu sangat mengganggu kita. Oleh karena itu wajib tau cara atasi aplikasi terhenti ini agar padaat terjadi masalah kita dapat dengan cepat mengatasinya dan tidak hanya itu solusi ini juga dapat meningkatkan performa dari smartphone  sehingga lebih ringan.

1. Cek Kartu SD atau Memori Internal

Jika ponsel pintar Android kita memiliki memori tambahan kartu microSD. Fungsinya tentu saja sebagai memori tambahan untuk menyimpan berbagai file masuk dan aplikasi yang di install. Namun terkadang, kartu microSD yang digunakan error dapat terjadi masalah. Hal tersebut yang menyebabkan aplikasi Android menjadi terhenti saat digunakan.

Cara mengatasi aplikasi terhenti ini, dapat dilakukan dengan mematikan smartphone, kemudian lepas kartu microSD yang digunakan dari slot. Setelah itu, diamkan sebentar lalu dipasang kembali dengan benar dan coba untuk menyalakan smartphonenya dan jika hanya memiliki memori internal saja cukup me restart-nya

2. Hapus Cache atau file sampah dan Data Aplikasi

Cache dan data error pada aplikasi tersebut juga dapat menjadi penyebab memeri penuh sehingga aplikasi terhenti. Jika demikian, maka dapat diatur dengan manajemen aplikasi. Caranya dengan menghapus cache dan data aplikasi di smartphone Android.

Klik pada menu Pengaturanlalu pilih  Manajemen Aplikasi, selanjutnya pilih Aplikasi dan Hapus Cache dan Hapus Data.  Selain cara manual tersebut, juga dapat menggunakan aplikasi di Andorid. Aplikasi pembersih di Andorid seperti CCleanser, dapat membantu membersihkan secara sekaligus seluruh file sampah dari aplikasi.

3. Uninstall Aplikasi Kemudian Reinstall

Jika dengan kedua cara di atas aplikasi belum bisa di buka, mungkin saja penyebabnya dari aplikasi itu sendiri. Beberapa data aplikasi mungkin ada yang rusak atu terhapus, sehingga tidak berjalan dengan seharusnya. Maka cara mengatasi aplikasi terhenti selanjutnya adalah dengan melakukan uninstall dan install ulang kembali.

Cara ini mungkin akan memakan kuota dan aplikasi kembali seperti sebelum di gunaskan. Namun dapat menjadi cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah. Caranya dengan klik di menu Pengaturan, kemudian pilih Manajemen Aplikasi, pilih Aplikasi yang akan di hapus dan Uninstall. Selanjutnya, dapat diinstall kembali dengan membuka Google Play Store.

Dan yang terkahi jika 3 cara di atas masih belum menyelesaikan masalah mungkin aplikasinya yang sudah tidak mendukung untuk berjalan di ponsel kita..he

Cara atasi aplikasi terhenti di ponsel Android tersebut dapat dipelajari untuk mengatasi kendala saat menggunakan aplikasi. Sehingga, langkah mengatasi masalah yang dilakukan sesuai. Selain itu, membersihkan cache dan aplikasi data secara rutin juga akan menunjang performa aplikasi berjalan dengan lancar sentosa. Selamat mencoba.


Posting Komentar untuk "Kiat Cara Mengatasi Masalah Aplikasi Terhenti di Android"