Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Folder Tersembunyi di Android

Sebelum ke topik utama, berikut artikel terkait yang kami bagikan sebelumnya.. > Artikel Teknologi, Android dan Sosial Media .



Teknologi ponsel pintar memberi kita banyak kemudahan dalam melakukan penyimpanan file dalam folder serta bisa diakses dengan sangat mudah. Kapan & dimana saja dapat dilakukan. File tentu memiliki kepentingan yang berbeda beda ada yang dapat diakses secara umum ada juga yang tidak. Nah, file yang bersifat private penting untuk disimpan secara aman dan rahasia. Sehingga kita perlu tahu cara membuat folder tersembunyi di Android

Folder tersembunyi umum digunakan oleh sebagian orang untuk menyimpan file yang bersifat pribadi, penting atau rahasia. Sama dengan PC atau laptop, ponsel pintar Android menyediakan fitur untuk mendukung penyimpanan file pada folder yang dapat disembunyikan. Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara bagaimana membuat folder tersembunyi di Android, simak ulasan berikut. 

Cara Membuat Folder Tersembunyi di Android 

Untuk menyimpan file atau dokumen, kamu tentu sudah paham sebelumnya. Membuat folder yang diberi nama sesuai dengan isi file, kemudian menyimpan berkas dalam folder tersebut. Ponsel pintar Android dapat memudahkan pengguna dalam melakukan pengelolaan file dalam folder di Android. Nah, untuk membuat folder tersembunyi di Android juga memiliki proses yang hampir sama, Kita bisa lihat perbedaannya pada langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi pengelola file atau biasa tampil dengan nama file manager di ponsel Anda.
     
  2. Kemuadian cari pilihan untuk membuat folder baru (create new folder). 

  3. Beri nama pada folder yang telah di buat, bisa dipilih dengan nama yang sesuai dengan file atau nama yang mau di rahasiakan. 

  4. Lalu pindahkan file yang ingin di simpan pada folder baru tersebut. 

  5. Tambahkan titik di awal pemberian nama pada folder tersebut. Folder pun sudah tersembunyi. Inilah tahapan yang menjadi pembeda dengan pembuatan folder tidak tersembunyi. 

Cukup gampang bukan, kamu bisa langsung mempraktekkannya pada ponsel Android. Yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana cara kita mencari dan mebuka /  mengakses folder yang telah disembunyikan tadi.

Tenang, ini juga sangat gampang untuk dilakukan lakukan cuukup dengan masuk kedalam file manager seperti saat di awal kita membuat folder tersembunyi di Android sebelumnya. Berikut adalah tahapan selengkapnya :

  1. Buka aplikasi pengelola file atau file manager pada ponsel.

  2. Buka menu pengaturan atau settings.

  3. Cari pilihan tampilkan folder tersembunyi atau shows hidden folder dan folder yang semula di sembunyikan akan muncul. 

Yang harus di ingat adalah letak / jalur atau path pemyimpanan folder tersebut. Sehingga kita dapat menemukan folder tersebut sama dengan folder lain, hanya saja tampilannya agak transparan. Sederhana akan tetapi dapat membuat kita merasa tenang karena file yang bersifat penting, pribadi dan rahasia dapat tersimpan pada tempat yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. 

Membuat Folder Tersembunyi di Android 

Lalu kenapa kita membutuhkan penyimpanan file pada folder tersembunyi? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tidak semua file berisi informasi yang bersifat umum atau dapat dilihat oleh siapa saja karena ada kalanya ponsel kita di pegang orang lain. Ada juga file yang memiliki sifat private, dengan akses terbatas. Bukanlah hal yang tidak mungkin jika ada orang yang dengan sengaja mmembuka ponsel Android kita tanpa sepengetahuan dan ingin mencuri file tersebut. 

Berbagai dampak dapat terjadi akibat hal tersebut, untuk menghindarinya maka dibuatlah fitur folder tersembunyi agar tidak ada yang dapat membuka atau mengakses file kamu tanpa sepengetahuan dan dapat merugikan kita. Kerugian yang diakibatkan dapat berupa material bahkan yang terparah bisa pada psikologi. Oleh karena itu jagalah file kamu secara hati-hati. Selamat mencoba cara membuat folder tersembunyi di Android, semoga bermanfaat. terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Folder Tersembunyi di Android"